Siapa ingin jadi selebgram? Keuntungannya adalah kita bisa mendapat endorse dan punya penghasilan tambahan. Cara menambah follower ada beberapa, seperti pansos alias panjat sosial. Seseorang berkomentar negatif di akun artis atau membuat postingan yang mengejek gaya hidup seseorang. Ingin terkenal di  Instagram tanpa memilih jalur negatif? Ini beberapa caranya.

  1. Menata Feed Instagram

Feed Instagram  apa sudah dirapikan? Cara menatanya cukup mudah, dengan mengedit foto, memberi bingkai, baru di-upload. Pilih bingkai yang sama atau warnanya senada antara satu foto dengan yang lain. Selain memberi bingkai,  juga bisa membuat background foto yang warnanya senada. Semua ini bisa Anda lakukan dengan aplikasi editing foto.

  1. Sering Sharing

Fasilitas Insta-story jangan diabaikan, karena kadang lebih banyak yang melihat foto atau menonton video di sana, daripada foto di feed Instagram. Bagikan ilmu di Insta-story, misalnya tips menata bahan makanan di kulkas, cara memilih tas kulit, dan lain-lain. Pilih background foto yang warnanya menarik dan tersedia banyak di Google image.

  1. Meng-upload Foto Sesuai Trend

Apa hal yang terjadi akhir-akhir ini? Misalnya Anda melihat berita Pekan Olahraga Pelajar Provinsi. Jika punya hobi menggambar, maka buatlah gambar maskot dari acara itu. Jangan lupa beri hashtag #Porprov. Jika ada yang mencari informasi di Instagram dengan hashtag tersebut dan menemukan karya itu, kemungkinan besar ia akan jadi follower baru.

  1. Menuliskan Hashtag yang Tepat

Hashtag atau tagar wajib menyertai sebuah caption foto. Tagar yang tepat juga bisa menambah follower baru. Misalnya, Anda  mem-posting foto bekal makanan, lalu memberi hashtag #bento #bekal #bekalsehat, dan lain-lain. Akan tetapi, jangan memberi hashtag terlalu banyak, misalnya sampai 30 buah, karena kurang efektif.

  1. Sering ikut Kuis dan Lomba

Ada banyak kuis dan lomba di Instagram dan ikutilah beberapa kuis yang sesuai minat Anda. Jika suka memasak, bisa mengikuti lomba resep masakan. Saat jadi pemenang, maka akan menambah follower baru. Bagaimana jika Anda belum menang? Akan ada juga follower baru yang tertarik dengan resep buatan Anda. Mereka tahu akun Instagram Anda dari hashtag wajib yang ada pada lomba resep tersebut.

  1. Mempromosikan Akun Instagram di Facebook

Anda juga bisa mempromosikan akun Instagram di status Facebook. Misalnya, Anda menulis status tentang tips membersihkan wajah dari riasan, lalu menambah kalimat promosi seperti “dapatkan tips lain di akun Instagram saya @cantikcantikku”. Teman Facebook yang belum mem-follow akan tertarik, lalu mengikuti akun Instagram milik Anda.

  1. Menjadi Diri Sendiri

Pernahkah Anda mendengar kasus seorang selebgram yang ternyata berbohong karena tidak menunjukkan kehidupan aslinya yang sederhana? Kita tak perlu menyewa tas branded atau berhutang demi liburan ke luar negeri, karena ingin memiliki foto yang bagus di Instagram. Saat menjadi diri sendiri dan menunjukkan kreativitas, maka follower akan bertambah.

Ada beberapa cara untuk menambah follower Instagram tanpa harus panjat sosial. Anda bisa mempromosikan akun Instagram di Facebook, mengikuti kuis, menata feed, dan menuliskan hashtag yang tepat. Jika kita sudah jadi selebgram, jadikan Instagram sebagai tempat untuk menuangkan kreasi, menambah teman, dan membaca tren terbaru.