Hai, anak-anak pulang sekolah jam berapa? Jika mereka makan siang di sekolah, tentu kita bawakan bekal agar lebih hemat dan sehat. Namun, memasak dan menyiapkan menu bekal kadang butuh waktu lama. Jika ladies ingin bekal matang lebih cepat, ayo simak tips di bawah ini.

  1. Siapkan Bahan Masakan di Malam Hari

Di pagi hari, kita masak untuk menu sarapan dan bekal. Jika ingin lebih efisien, maka siapkan bahan-bahannya saat malam. Misalnya, kita bisa mengupas kentang, mengirisnya, lalu memasukkan ke dalam mangkuk berisi air dan disimpan di kulkas. Esoknya, kentang tinggal digoreng dan jadilah french fries untuk dimakan ananda di siang hari. Sayuran seperti wortel dan buncis juga bisa dibersihkan dan dipotong-potong, sehingga paginya tinggal dibumbui.

  1. Buatlah Menu yang Mudah

Menu yang mudah dibuat seperti sandwich, pasta dan nasi goreng, bisa jadi pilihan saat akan membuat bekal. Selain memasaknya mudah, kita juga tidak membutuhkan aneka jenis bumbu. Anak-anak akan memakannya dengan semangat, dan kita tidak akan terlalu lelah setelah berjibaku di dapur.

  1. Menyetok Frozen Food

Frozen food seperti sosis dan nugget bisa jadi pilihan lauk praktis untuk bekal, karena tinggal digoreng. Menyetok makanan beku di kulkas tidak apa-apa kok. Kita tinggal membeli lauk frozen homemade yang tidak mengandung pengawet. Agar lebih seimbang gizinya, buatlah salad sayur atau tumis buncis dan beri potongan apel pada kotak bekal.

  1. Menyimpan Bumbu Dasar di Kulkas

Proses memasak itu sebenarnya cepat, hanya saja menyiapkan bahan dan bumbunya yang lama. Trik untuk mempersingkat waktu di dapur saat akan membuat bekal adalah dengan menyiapkan bumbu dasar warna putih, merah, dan kuning. Jika ingin membuat nasi goreng, tinggal campurkan 2 sendok makan bumbu dasar putih dengan nasi dan kecap manis. Ingin memasak kare tahu? Gunakan bumbu dasar kuning dan tambahkan santan.

Cara memasak bekal yang cepat itu cukup mudah. Siapkan bahan-bahannya sejak semalam, dan buat menu yang mudah. Selain itu, kita bisa menyetok lauk beku dan menyiapkan bumbu dasar. Bekal akan dimakan anak-anak dengan sukacita. Pengorbanan kita untuk memasak di dapur di tengah dinginnya pagi, terbayar sudah.