Suka nonton serial Jodha akbar yang tayang di salah satu stasiun televisi? Seru banget ceritanya, walau ada pihak yang kurang setuju karena tidak 100% berdasarkan kisah nyata. Jadi sinopsisnya begini. Jodha adalah putri kesayangan Raja Bharmal, dari Kerajaan Rajput. Ia adalah penganut hindu taat. Kerajaan ini bermusuhan dengan Kerajaan Mughal. Ktika Kerajaan Mughal menaklukkan Kerajaan Rajput, Jodha berkorban. Ia mau mnikah dengan Jalaluddin Akbar, Raja Mughal, demi menyelamatkan negerinya.

Berikut ini nama pemeran di serial Jodha Akbar berikut fotonya 🙂

Ratu Jodha (Rajkumari Jodha Bai), diperankan oleh Paridhi Sharma

jodhaa
Jodha adalah putri yang pandai memanah, memainkan pedang, dan juga setia kawan. Meskipun agak keras kepala, ia sangat dicintai oleh rakyatnya.
Raja Jalaluddin Akbar diperankan oleh Rajat Tokas

rajat tokas raja jalal

Imut yaa..Kalo gak pakai kumis palsu dan pakaian raja. Ternyata Rajat Tokas masih berusia 21 tahun (kelahiran 1993). Dan ia dulu artis cilik lho.

Raja Jalal digambarkan sebagai raja yang tidak punya hati. Ia berekspansi ke seluruh wilayah india, dari Agra, Delhi, Amer, sampai ke Kabul (sekarang Afghanistan) untuk mewujudkan impiannya, menjadi Raja India.

Ratu Ruqqaiya (episode awal diperankan oleh Smilie Suri)

RUQOYA AWAL M_Id_396491_Smilie_Suri
Entah kenapa Smilie Suri digantikan oleh Lavina Tandon. Lebih cantik sih, menurut saya. Tapi sama-sama menjiwai peran antagonis.

lavina_tandon_aka_ruqaiya_sultan_begum

Ratu Ruqaiyya adalah istri pertama Jalal. Mereka menikah sewaktu masih kecil. Sebagai istri pertama ia diberi tanggung jawab akan istana para wanita (harem)–isinya para istri dan playan wanita–dijaga kasim waria.

Ruqaiyya terobsesi menjadi satu-satunya wanita yang dicintai Jalal. Dan ia menganggap semua istri yang lain adalah pelayannya. Paling kasihan waktu lihat ia hamil lalu keguguran–karena diracun. Tapi dia suka nge-sisha sih..Ya..gimana mau hamil lagi kalau fisiknya dirusak sendiri.

Maham Anga diperankan oleh Ashwini Kalsekar

ashwini kalsekar aka maham anga

Ini dia tokoh antagonis lain. Aktingnya aduhh..bikin gemess..Dia adalah perdana mentri kerajaan Mughal. Dulu ia mengasuh Jalal, jadi Raja memanggilnya “Bibi”. Jalal selalu percaya kepadanya (padahal ia yang meracuni Ratu Ruqaiya).

Maham sangat benci pada Jodha, karena dulu pernah diramal. akan ada Ratu hindu yang bisa mnundukkan Maham.

Ratu Hamida diperankan oleh Chhaya Ali Khan

chhaya ali khan ibuknya raja ratu hamida

Kalo ini ibu kandungnya Jalal. Orangnya baik bangett, dan sayang Jodha.

Ratu Salima Sultan diperankan oleh Manisha Yadav

manisha yadav ratu salima

Cantik ya? Salima adalah istri dari mendiang Bairam Khan. Bairam adalah mentor dan dia dianggap ayah oleh Jalal. Semua ilmu dan strategi peperangan diajarkan oleh Bairam. Sayang sekali, ketika Maham ditunjuk jadi perdana mntri, Bairam kurang setuju. Akhirnya ia pergi ke tanah suci untuk ibadah. Tapi di perjalanan ia meninggal.

Salima pulang dengan mata berlinang. Untuk melindungi Salima, Jalal menikahinya. Sekaligus menjadi ayah angkat bagi putranya, Rahim.

Salima adalah mantan istri Bairam, jadi mungkin usianya lebih tua dari Jalal. Jalal menghormatinya dan mmeberi tempat yang aman padanya. Jadi tujuan dari pernikahan ini hanya untuk alasan keamanan. Tak ada cinta. Terlebih Salima masih sangat mencintai Bairam Khan alm.

Komandan Sharifuddin Husain diperankan oleh Parag Tyagi

parag tyagi sharifudin

Sharifuddin adalah komandan yang memenangkan Amer. Sebagai hadiah, ia dinikahkan dengan adik Jalal, Bhaksi Banu. Sharifuddin kesal karena ia harus mngembalikan harta pampasan perang. Dan berencana melakukan kudeta.

Adam Khan diperankan oleh Chetan Hansraj

chetan hasraj adham

Adam adalah anak dari Maham Anga. Posisi di kerajaan juga lumayan kuat, setara lah dengan Sharifuddin. Ia juga berambisi merebut tahta. Partner in crime nya Sharifuddin.

Ganteng ya? Sayangnya ia playboy, suka menggoda wanita.

Javeda diperankan oleh Prianca Sharma

prianca sharma javeda

Bagi pecinta film india pasti tak asing lagi dengan Prianca. Kali ini ia berperan sebagai Javeda, istri Adam Khan yang lucu. Bloon gitu deh. Tapi ia sangat mencintai suami dan mertuanya (Maham).

Bhaksi Banu diperankan oleh Shonaksi More

sonakshi more bhaksi banu

Adik Jalal yang satu ini dua kali menikah. Di pernikahan keduanya (dengan Sharifuddin) ia tak bahagia, karena harus menyimpan rahasia Sharifuddin untuk kudeta.

Raja Bharmal (ayah Jodha) diperankan oleh Rajeev Saxena

rajev saxena bhamal

Raja Rajput yang disegani. Sayang ia harus mengorbankan Jodha demi keselamatan rakyatnya. Dan Raja Rajput yang lain tidak setuju dengan keputusannya menjadi aliansi kerajaan Mughal.

Ratu Meinawati diperankan oleh Natasha Sinha

natasha sinha ratu meinawati

Ibu Jodha sangat sayang pada putrinya. Ia juga bertindak tegas ketika Jodha minta pulang ke Amer.

Bhagwant Das (kakak Jodha) diperankan oleh Kunal Bathia

kunal bhatia bhagwant das

Kakak Jodha yang satu ini menggambarkan sifat bangsa Rajput. Setia dan memegang janji. Ketika Jodha dituduh membunuh janin Ruqaiyya, Baghwant Das yang sdang berada di Agra diajak Raja Jalal berperang, untuk menunjukkan kesetiaannya. Padahal mereka memerangi kerajaan dimana calon suami Sukanya (adik Jodha dan Baghwant) berkuasa. Baghwant melindungi Raja dari serangan musuh, sampai tubuhnya terluka. Sejak saat itu Raja Jalal percaya bahwa Baghwant dan Jodha memgang janji dan tidak pernah berbohong.

Sujamal diperankan oleh Vicky Batra

vicky batral sujamal

Sujamal adalah kakak sepupu Jodha. Jadi ternyata ayah Sujamal adalah Raja, lalu meninggal. Seharusnya kerajaan diserahkan pada Sujamal, tapi tetap dipimpin oleh Raja Bharmal (pamannya). Sujamal takut jika ia tak diangkat menjadi Raja, dan malah Baghwant yang diangkat. Akhirnya ia berkomplot dengan Komandan Sharifuddin, agar menyerang Amer. Akhirnya Kerajaan Mughal berhasil menguasai Amer.

Penghianatannya membuat Jodha harus menikahi Jalal. Lalu ia menyesal, karena ia tahu Jodah membenci Jalal.

Sukanya diperankan oleh Bhagyshree Mote

Bhagyshree Mote sukanya

Sukanya adalah adik Jodha. Dulu ia bercanda bahwa Jodha akan diculik oleh tentara Mughal. Eh ternyata Jodha menikah dengan orang Mughal.

Motibai diperankan oleh Ankita Dubey

ankita dubey moti awal

Moti adalah pelayan pribadi Jodha. Tapi Jodha tidak merendahkannya, bahkan menganggapnya sahabat. Moti pernah diculik oleh tentara Mughal, lalu diselamatkan Jodha. Akhirnya ketika Jodha pindah ke Agra (kerajaan Mughal), Moti setia mendampingi.

Man Singh diperankan oleh Ankit Raizada

ankit raizada man singh

Man Singh adalah keponakan Jodha. Ia sangat menyayangi bibinya, sampai sampai hampir menyerang Raja Jalal, yang dianggapnya merebut bibi dari sisinya. Akhirnya Jalal malah terkesan akan keberanian Man Singh, dan mengajaknya ke kerajaan Mughal. Dan belajar ilmu perang dan lain-lain disana.

Pemeran lain:

Bairam Khan = Naved Aslam

Ataga Khan =Lokendra Rajawat, orang kepercayaan Jalal
Jiji Anga =Amarpreet Rait , istri Ataga Khan

Ratu Lilavati =  Bhakti Narula, nenek Jodha

Kakak laki-laki Jodha yang lain:

Rajkumar Jagganath = Gandharva Pardeshi
Rajkumar Khangar = Dev Bishit
Rajkumar Raj Singh =Akhil Vaid

Seru nontonnya, karena alurnya cepet wut wut. Kadang kalau gak sabar, saya baca written episodes nya di desi-tashan. Kalo ngeyutub ga ada subtitle nya hihiih.

 

 

Advertisements