Dulu saat pertama kali nulis blog di mp (multiply) , saya hanya bersenang-senang. Ya, cuma belajar nulis-lah disana. Sekalian nambah jaringan dan pertemanan. Tapi saat saya ngeblog disini dan blogspot, baru tahu kalau ada giveaway juga (kemana aja diriku??). Bertambahlah semangat saya untuk ngeblog.

Tapi semakin banyak lomba dan giveaway yang saya ikuti, belum satupun yang menang. Bahkan untuk hadiah hiburan. Gigit jari. Sebel ke juri? Enggak ah, mungkin belum rejeki. Lagipula selera juri berbeda-beda kan.

Lalu saya tetap menulis dan menulis, di blog, di notes, untuk diary, maupun untuk lomba. Khusus untuk lomba saya benar-benar mengincar hadiahnya. Misalnya gini, layar handphone saya hang. Harus ganti lcd atau sekalian ganti hp. Nah, akhirnya saya cari lomba atau giveaway berhadiah hp.

Menulis untuk lomba harus benar-benar fokus dan serius. Kadang sampai berhari-hari. Nulis, nulis, ngedit, diedit terus sampai dirasa puas. Baru diposting di blog. Dan deg-degan menunggu pengumuman. Ketika dibaca? Ahaai, belum menang juga..ya Allah..

Apa gunanya saya punya gelar sarjana bahasa inggis jika belum menang lomba? Malu-maluin saja. Sempat blaming dan menyalahkan diri sendiri, merasa tidak becus menulis. Sampai suatu saat ada permintaan dari seorang teman.

Ia, yang tahu kalau saya suka nulis di blog, meminta tolong dibuatkan surat pembaca. Kabut asap sudah merajalela di kotanya, dan ia ingin curhat ke Pak Bupati. Niatnya untuk menulis surat pembaca terbentur, karena tak bisa menulis secara formal.

Sungguh saya tersanjung karena dimintai tolong. Dan kemudian tersadar, betapa Allah telah menegur saya. Apa sebenarnya tujuan menulis? Dapat hadiah? Banyak penggemar? Blog ramai? Bukan..Sebenarnya saya menulis karena ingin MEMBERI MANFAAT bagi orang lain. Menceritakan pengalaman buruk agar tak dilakukan pembaca. Menulis cerita lucu agar orang tertawa.

Niat menulis harus diluruskan. Tak hanya mengejar materi. Tapi juga membei pengtahuan baru bagi semua. Happy writing :).

