Saladin sempat GTM selama beberapa hari..Baru makan dua suap, suapan ketiga udah dilepeh lepeh..Duh..Nanti kalo kurus gimana? (Aslinya gak usah khawatir, lha dia gemuk gitu, usia 10 bulan beratnya 9,8 kg hehehe). Para ibu pasti sedih kalo babynya yang udah usia 6 bulan ke atas ga mau makan.

Setelah gugling, baca baca di forum, dan baca bukunya Adi W Gunawan, baru nemu cara ampuh melawan GTM. Berikut ini penyebab GTM

1. Sakit. Lha kita yang udah dewasa aja ngerasa lidah pahit kalo lagi sakit, wajar kalo bayi yang sedang batuk / pilek / demam gak mau makan.

2. Mau tumbuh gigi. Gusi bayi terasa gatal, dan kadang badannya juga demam. Ketidaknyamanan di mulut itu yang bikin gak mau makan.

3. Sariawan.

4. Bosan. Mungkin lagi bosan makan bubur / nasi tim.

5. Perasaan tidak nyaman. Bisa saja bayi bete karena masih kenyang asi tapi disuapi. Atau badannya kepanasan, bahkan kedinginan. Bisa juga ia merasa gak nyaman karena popoknya kotor.

Cara mengatasi GTM

Betul betul terinspirasi Pak Adi W Gunawan, kalau ibunya mikir “anakku kok susah makan?”, nanti ya susah makan beneran. Harus ditanamkan dalam hati, “pasti anakku mau makan”. Bayi dibujuk “nanti makan ya, habis. Pintar”. Alhamdulillah cara ini berhasil, hari ini Saladin mau makan walau cuma setengah porsi.

Kalau bayi sakit ya sudah jangan dipaksa makan, kan baru mpasi (makanan pendamping asi), jadi nutrisinya didapatkan dari asi (ibunya wajib makan yang bergizi dong). Jika anak dipaksa makan, apalagi dicekokin jamu segala, lama-lama akan trauma makan. Kalau bayi sariawan, coba tawarkan puree buah atau puding (tergantung usia bayi).

Usahakan bayi merasa nyaman, memang sih sebaiknya disuapi pas baru bangun tidur, tapi cek dulu popoknya bersih atau tidak. Coba dipangku dan diajak bernyanyi dulu. Tapi saya TIDAK menganjurkan untuk mengajarkan cara makan sambil digendong dan jalan-jalan di luar. Beneran lho, nanti kalau kebiasaan gimana? Walaupun masih bayi harus diajari manner makan yang baik, sediki-demi sedikit. Jika bayi sudah bisa merangkak, dan dia makan sambil merangkak / belajar berdiri, yasudahlah, asal di dalam rumah tidak apa-apa. Harus telaten juga memunguti ceceran makanan.

Jika bayi bosan, usahakan ganti menu setiap hari. Pinter pinternya emaknya untuk mengolah menu, kan banyaak sekali resep makanan bayi, baik dari buku maupun internet. Yang bergizi gak harus mahal lho, yang penting ada karbohidrat, protein, vitamin, dll yang seimbang.

Salah satu tips dari teman saya , jangan panik jika anak GTM. Jadi, jika anak tak mau bubur, berikan puree buah. Jika tak mau puree, berikan finger food (misalnya sayuran yang dipotong kecil dan direbus). Ya, jadi pake metode BLW (baby Lead Weaning). Dan pakai alat makan (mangkok, sendok) warna warni agar bayi tertarik, dan jika ia mulai makan nasi tim / nasi lembek, kan bisa dibentuk lucu-lucu, seperti hello kitty, dll (pakai bento tools).

bayi

Ada seorang teman (yang profesinyaΒ  dokter) menyarankan penekanan pada frekuensi. Coba frekuensi makan ditambah jadi 5 x sehari, jadi yang penting nutrisi bisa masuk pada bayi.

Dan menurut panduan grup HHBF (home made healthy baby food) DILARANG memberikan gula dan garam pada bayi berusia di bawah setahun. Usia 9 bulan boleh lah diberi keju (yang merk pr**is, karena kandungan garamnya rendah) untuk variasi rasa.

Semoga tips dari saya bisa membantu ibu-ibu sekalian.

Advertisements