Mayoritas (82 persen) siswa SMP tak lulus try out ujian nasional. Dari empat mata pelajaran yang diujikan dalam Unas, Bahasa Inggris menjadi pelajaran yang paling banyak menjatuhkan nilai para peserta ujicoba unas, yang dilakukan serentak oleh Dindik Surabaya. Nilai terendah Bahasa Inggris adalah 0,20. Bahasa Inggris menjadi momok bagi calon peserta unas. Padahal, mereka telah mempelajari bahasa internasional sejak berada di bangku Sekolah Dasar, bahkan TK.
Murid-murid yang akan mengikuti unas menganggap belajar Bahasa Inggris itu sulit, karena ia memiliki susunan kalimat yang beda jika digunakan di waktu yang lain. Mereka juga tidak berani mengobrol dengan wisatawan asing jika kebetulan bertemu. Padahal, turis itu mengapresiasi murid yang berani berbicara dalam Bahasa Inggris walaupun tidak  lancar.
Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dianggap kaku dan monoton. Murid dipaksa menghafalkan 16 tenses, tanpa memahaminya. Jika ada kelas listening di lab, mereka hanya pasif mendengarkan dan kurang berani bertanya pada guru. Para siswa juga kesulitan menghafalkan kosakata (vocabulary). Selain itu, jumlah murid setiap kelas terlalu besar. Kelas bahasa hanya boleh menampung maksimal 20 murid.
Bahasa Inggris sebenarnya mudah untuk dipelajari, asal anda tahu triknya. Selain itu, senangilah Bahasa Inggris jika ingin menguasainya. Di dalam buku Financial Revolution, Tung Desem Waringin berkata bahwa manusia cenderung menjauhi hal yang dibencinya, dan mendekati hal yang disukainya.
Langkah pertama belajar bahasa inggris yang menyenangkan adalah dengan mengetahui 5 aspek dalam pembelajarannya, yaitu writing, listening,     grammar, speaking, dan vocabulary. Belajar writing dapat dilakukan dengan menulis diary dalam Bahasa Inggris. Latihan ini sekaligus untuk mengecek kemampuan grammar anda. Pemahaman akan fungsi tenses dalam waktu tertentu lebih berguna daripada sekedar hafalan. Misalnya, kalimat Fandy went to Malang.  Jika anda memahami tenses, otomatis anda mengenali kalimat ini sebagai simple past tense.
Gunakan Bahasa Inggris setiap hari di rumah dan di luar rumah, untuk belajar speaking. Di Pare, ada kursus dimana seluruh peserta wajib berbicara menggunakan bahasa inggris, dan metode ini terbukti berhasil. Ikutilah klub bahasa inggris, misalnya di kota Malang ada Malang Fun English Club. Jika anda bertemu wisatawan asing, beranikan diri untuk  mengobrol dengannya.
Kemampuan listening dan penambahan vocabulary dapat ditingkatkan dengan cara yang menyenangkan pula. Tonton film hollywood, dan simak dialog dari para aktor dan aktris. Catat  kata baru yang anda dapatkan dari teks terjemahan ( subtitle). Dengarkan lagu berbahasa inggris, cari teksnya, pelajari, dan jika bisa terjemahkan. Teks lagu tersedia gratis di internet, dan sambil mendengarkan lagu anda dapat berlatih listening sekaligus menambah vocabulary.
Bahasa Inggris bukanlah momok bagi anda. Gunakan cara belajar yang menyenangkan dan anda akan menuai hasil yang menyenangkan pula.

tulisan saya ini dimuat di Surya, 29 Juni 2009

Advertisements